100 Hari Kinerja Himafi , Apa yang Sudah Terlaksana ?

100 Hari, bukan waktu singkat juga bukan waktu yang lama dalam sebuah periode kepengurusan.
100 hari melangkah perlahan untuk mewujudkan visi, misi, dan cita-cita Himafi. 100 hari kinerja Himafi (10 Maret – 18 Juni 2018), apa saja yang sudah terlaksana ??

1.    Pelantikan Pengurus


Pelantikan ini merupakan program kerja dari Presidium. Pelantikan  dilaksanakan pada 10 Maret 2018, di Ruang 2.3 gedung fisika. Himafi melantik 141 pengurus dalam periode 2018. Pelantikan ini diadakan untuk meresmikan pengurus sebagai pengurus Himafi Periode 2018, yang kemudian tertuang dalam SK kepengurusan dan ditandatangani oleh Dekan FMIPA. Pengurus disumpah untuk menjalankan kawajiban-kewajiban sebagai pengurus Himafi sesuai AD ART yang berlaku.

2.    Galang Dana
Agenda ini merupakan program kerja dari bidang Sosmas. Galang dana merupakan salah satu bentuk kegiatan dari Aksi Sosial. Pada aksi sosial kali ini, dilakukan penggalangan dana untuk adik Siti yang seluruh badannya melepuh akibat alergi obat. Penggalangan dana dilaksanakan pada 14 Maret 2018  di tugu adipura, bundaran raden intan,dan lampu merah unila. Pada agenda ini, Himafi bekerjasama dengan BEM FMIPA dan seluruh LK yang ada di FMIPA. Aksi sosial ini diadakan untuk menumbuhkan rasa sosial dan peduli pada seluruh pengurus.

3.    Lokakarya


Agenda ini merupakan program kerja dari Presidium. Lokakarya dilaksanakan pada 18 Maret 2018, di Ruang 2.3 Jurusan Fisika. Dalam lokakarya ini, dijelaskan mengenai program-program kerja yang akan diadakan dilaksanakan oleh bidang dan biro yang ada di Himafi. Pemaparan program kerja ini dilakukan oleh Kepala dan Sekretaris bidang/biro yang bersangkutan, dan ditanggapi oleh kakak-kakak alumni Himafi periode sebelumnya.


4.    Upgrading Pengurus


Upgrading Pengurus merupakan program kerja dari Presidium yang dilaksanakan pada 7 April 2018 di Outbound Camp Al-Kautsar Bandar Lampung, dan diikuti oleh 86 orang pengurus serta 34 orang alumni. Upgrading ini diadakan untuk menjalin keakraban antara pengurus, kakak tingkat, serta alumni dan membentuk rasa solidaritas para pengurus agar lebih siap untuk menjalankan kegiatan selama satu tahun kepengurusan pada 2018. Dalam kegiatan ini, para pengurus diberikan tantangan berupa permainan yang harus diselesaikan untuk membentuk rasa solidaritas, kepemimpinan serta kerjasama. Selain itu, pengurus juga diberikan arahan dan masukan dari alumni untuk menjalankan  kepengurusan selama satu tahun kedepan.

5.    Fiesta (Fisika Ekspo Tahunan)


Fisika Ekspo Tahunan atau biasa disebut fiesta merupakan agenda terbesar Himafi. Fiesta merupakan acara yang diadakan dalam rangka ulangtahun Himafi. Untuk memeriahkan acara Fiesta ini, dilakukan beberapa kegiatan yang mulai dilaksanakan pada 15 April- 10 Mei 2018.
·      Olimpiade (15 April 2018)
Olimpiade Fisika ini diadakan di 3 rayon, yaitu Bandar Lampung (Jurusan Fisika), Pringsewu (SMA N 1 Pagelaran), dan (MAN 2 Metro). Olimpiade ini diikuti olehPeserta SMP dan Peserta SMA. 
·      LCT (21 April 2018)
Lomba Cepat Tepat (LCT) diadakan di Jurusan Fisika. Acara ini diikuti oleh 21 team. LCT ini dimenangkan oleh SMAN 2 Bandar Lampung team B (Juara 1), SMAN 2 Bandar Lampung team A (Juara 2) dan MAN 1 Bandar Lampung (Juara 3).
·      Bazaar (23-27 April 2018)
Bazaar ini diadakan di pelataran FMIPA. Dalam agenda ini, diadakan bazaar makanan dan alat-alat instrumentasi Fisika.
·      Seminar Nasioal (5 Mei 2018)
Seminar Nasional digelar di Aula Arafah, Asrama Haji Bandar Lampung. Seminar Nasional ini diikuti oleh peserta yang berasal dari mahasiswa fisika, dan umum. Dalam seminar ini diangkat tema tentang energy terbarukan.Pemateri dalam Seminar Nasional ini berasal dari Batan, Pertamina, dan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.

·      Gebyar (10 Mei 2018)
Gebyar merupakan puncak acara pada Fiesta ini. Pada gebyar kali ini, dilakukan pemotongan tumpeng oleh sekretaris jurusan fisika Bapak Gurum Ahmad Pauzi, S.Si.M.T. Dalam gebyar ini juga mempersembahkan beberapa bakat dari mahasiswa fisika, Serta pemberian penghargaan kepada beberapa dosen, alumni, kakak tingkat, dan pengurus dalam beberapa kategori.

6.    Muswil I Ihamafi

Musyawarah wilayah I Ikatan Himpunan Mahasiswa Fisika Indonesia (Muswil I Ihamafi) merupakan acara yang diadakan Ihamafi dalam 2 tahun sekali yang meliputi Sumatera Raya. Pada tahun ini, Muswil tersebut dilaksanakan paa 17-22 April 2018 di Universitas Bengkulu. Pada kegiatan ini, Himafi FMIPA Unila mengirimkan 2 delegasi yaitu Raka Orlanda (Ketum Himafi periode 2018) dan Ridho Prayogi (Kabid Sosmas Himafi 2018).  Musyawarah ini diikuti oleh himafi dari 11 Universitas. Dalam muswil ini terpilih Indra Nur Cahya (UIN Raden Intan Lampung) sebagai  Koordinator wilayah I periode 2018-2019. Melalui agenda ini juga, dilaksanakan rapat kerja wilayah I Ihamafi dengan 4 Departemen  (Kominfo, Sosmas, Ristek dan Kewirausahaan).

7.    Workshop Mikrokontroler Arduino


Agenda ini merupakan program kerja dari bidang Saintek. Acara ini merupakan acara yang diadakan oleh Himafi bersama PIC (Physics Instrumentation Club). Workshop ini dilaksanakan pada 13 Mei 2018 di jurusan fisika dan di Laboratorium Elektronika dasar, yang diikuti oleh mahasiswa fisika Unila dan mahasiswa fisika dari kampus lain. Dalam workshop ini, peserta dikenalkan mengenai mikrokontroler dan arduino serta pengaplikasan keduanya dalam beberapa peralatan. Peserta diajak untuk mengaplikasikan secara langsung penggunaan mikrokontroler dan arduino dalam beberapa rangkaian untuk membuat suatu alat. Pada pelatihan ini, peserta dipandu oleh beberapa anggota dari PIC.

8.    Kunjungan Kelembagaan


Agenda ini merupakan program kerja dari bidang Sosmas. Kunjungan ini diadakan untuk menjalin silaturahmi dengan baik antar Lembaga Kemahasiswaan baik yang ada di lingkungan Unila maupun di lingkungan luar Unila. Bentuk kegiatan dalam agenda ini yaitu kunjungan ke lembaga Kemahasiswaan. Dalam 100 hari kepengurusan Himafi 2018, himafi mengadakan kunjungan ke Natural dan Rois, serta menerima kunjungan dari BEM FMIPA, Imafila, dan Himaki.


9.    Peluit


Peluit (Pelepasan Wisudawan dan Wisidawati) merupakan program kerja dari bidang Sosmas . Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan penghargaan kepada mahasiswa fisika yang telah menyelesaikan studynya. Pelepasan ini diadakan di Jurusan Fisika. Acara ini dimulai dari penjemputan wisudawan dan wisudawati dari GSG menuju jurusan, setelah itu, wisudawan/wisudawati diminta untuk memberikan motivasi dan berbagi pengalaman perihal masa study nya. Dalam 100 hari kepengurusan himafi 2018, Himafi mengadakan peluit 2 kali. Pada 21 Maret 2018 dan 23 Mei 2018 (di GOR Saburai).

10.Workshop SPIA dan SPIK


Workshop SPIA (Sistem Pengendalian Internal Administrasi) dan SPIK (Sistem Pengendalian Internal Keuangan) merupakan program kerja dari biro KRT yang dilaksanakan pada 26 Mei 2018 di Jurusan Fisika. Workshop ini diwajibkan untuk seluruh pengurus Himafi, tujuannnya agar seluruh pengurus Himafi 2018 dapat memahami system pengendalian internal Himafi, baik itu system administrasi maupun system keuangannya. Dalam agenda ini pengurus diajarkan sistematika penulisan LPJ yang berkaitan dengan keuangan suatu kegiatan dan mengenai surat menyurat. 

11. Frekuensi


Forum Ramadhan Untuk Evaluasi dan Perbaikan diri (Frekuensi) merupakan program kerja dari bidang Sosmas.Frekuensi diadakan pada 26 Mei 2018, di Jurusan fisika. Bentuk kegiatan dalam agenda ini yaitu sharing dan buka bersama. Untuk sharing, pemateri (Bpk Agus Riyanto, S.Si.M,Sc.) memberikan materi dan sharing perihal jurusan, himafi untuk fisika dan fisika untuk himafi. Agenda ini diikuti oleh pengurus Himafi dan alumni.

12.Pelatihan Web dan Pembuatan Aplikasi Android


Pelatihan ini merupakan program kerja dari bidang Kominfo yang diadakan pada 27 Mei 2018, di Ruang 2.3 Jurusan Fisika. Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk mengembangkan bakat mahasiswa fisika dan masyarakat umum dalam bidang website dan aplikasi. Dalam pelatihan ini, peserta diajarkan untuk membuat dan mengolah website serta aplikasi android, juga dijelaskan mengenai keuntungan dalam penggunan keduanya. Dalam pelatihan web, peserta diajarkan bagaimana cara mendapatkan keuntungan finansial dari apa yang kita tulis dan kita bagikan dalam blog.

12.    Imafila Peduli Panti


Ikatan Mahasiswa Fisika Lampung merupakan suatu organisasi untuk mahasiswa fisika yang ada di Lampung. Anggota Imafila berasal dari mahasiswa Fisika Universitas Lampung (Himafi dan Almafika), Himafi UIN Raden Intan Lampung, Himafi Itera, dan Imafis UM Metro. Dalam kegiatan ini, Imafila mengadakan bakti sosial berupa sembako, buku bacaan dan uang, untuk panti Asuhan Mahmudah yang ada di Kemiling Bandar Lampung.



Semoga dengan apa yang sudah terlaksana dalam 100 hari kepengurusan ini dapat menjadi acuan dalam menjalankan program-program kerja Himafi untuk kedepannya. Semoga dengan 100 hari kinerja ini, Himafi dapat terus menjalankan roda kepengurusan dengan baik untuk mewujudkan visi, misi, dan cita-cita Himafi. Saran dan masukan teman-teman pengurus, kakak tingkat, serta alumni sangat kami butuhkan, untuk mewujudkan Himafi yang lebih baik lagi Selengkapnya



0 Komentar untuk "100 Hari Kinerja Himafi , Apa yang Sudah Terlaksana ?"

Back To Top