Pelatihan Layout 2018 sebagai Penunjang Elektronika Dasar


PELATIHAN LAYOUT

Himpunan Mahasiswa Fisika FMIPA Unila mengadakan acara Pelatihan Layout dengan pemateri dari mahasiswa instrumentasi Fisika Universitas Lampung angkatan 2014 Yuliyan Dwi Prabowo dan mahasiswa instrumentasi Fisika angkatan 2015 Tommy Mandala Putra. Kegiatan yang diperuntukkan kepada mahasiswa Fisika Unila angkatan 2017 ini, berlangsung selama 2 hari pada 15-16 September 2018.

Sabtu (15/9) di Gedung Fisika RF 2.3, Pelatihan Layout yang mengangkat tema “Menumbuhkan Minat Serta Mengembangkan Bakat Melalui Instrumentasi” ini dibuka secara resmi oleh dosen Fisika sekaligus Pembina HIMAFI FMIPA Unila, Dr.Junaidi,S.Si.,M.Sc.

Pada hari pertama, peserta dikenalkan dengan berbagai macam komponen listrik seperti jenis-jenis resistor, transistor, kapasitor serta bentuk dan fungsinya yang disampaikan oleh Yuliyan. Sedangkan pada materi kedua yang disampaikan Tommy, peserta diajarkan membuat layout rangkaian yang akan digunakan untuk membuat saklar otomatis menggunakan salah satu aplikasi pembuat rangkaian.
Pengenalan alat elektronika yang disampaikan oleh pemateri pertama, Yulian Dwi prabowo

Pembuatan Layout rangkaian  Saklar Otomatis dengan aplikasi

Pada hari kedua (16/9) diadakan pembuatan saklar otomatis dengan sensor LDR di Laboratorium Elektronika Dasar. Dalam membuat rangkaian ini, peserta dipandu oleh beberapa mahasiswa instrumentasi Fisika. Dalam membuat rangkaian saklar otomatis terdapat beberapa tahapan yaitu dengan menempelkan skema rangkaian hasil dari design pada hari sebelumnya di atas PCB dengan menyetrikanya agar skema tersebut menempel di PCB. Setelah menempel, PCB tersebut dicelupkan pada larutan FeCl3, kemudian PCB tersebut  di bor dan mulai dipasang komponen-komponennya dengan cara disolder. Diakhir acara, diadakan penilaian pada hasil rangkaian saklar otomatis dengan mengambil 3 skor tertinggi dari 18 kelompok.

Peserta dipandu dalam membuat rangkaian saklar otomatis di PCB

Hasil rangkaian saklar otomatis

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami, untuk menunjang keterampilan dalam praktikum elektronika dasar. Terlebih saklar otomatis  dapat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Pembuatan alat ini juga tergolong cukup mudah dan dapat dibuat sendiri dengan alat yang sederhana” Ujar Rifa, salah satu peserta dalam pelatihan ini. (Shania Garcia).



0 Komentar untuk "Pelatihan Layout 2018 sebagai Penunjang Elektronika Dasar "

Back To Top